Connect with us

Pameran & Fotographi

Festival Literasi Nasional 2020

Published

on

Festival Literasi Nasional merupakan acara rutin yang telah diadakan selama 3 tahun.
Penulis : Panitia Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMB-Indonesia)
Editor : Redaksi

Eranusantara.com – Pendidikan ialah kunci penting dalam menyalakan masa depan bangsa. Sedangkan secara spesifik, menguat-kembangkan budaya literasi adalah salah satu jalan terbaik untuk mempercepat lokomotif perubahan di negeri ini. Semangat inilah yang diusung Gerakan Menulis Buku Indonesia dalam setiap programnya.

Tahun ini, Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMB-Indonesia) kembali menggelar Festival Literasi Nasional 2020 (FLN 2020) yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 Maret 2020, di Grha Wisata Niaga Surakarta. Festival Literasi Nasional merupakan acara puncak yang diselenggarakan tiap tahun untuk memberikan apresiasi, donasi, dan edukasi bagi peserta program Gerakan Menulis Buku Indonesia serta masyarakat umum.

Selain itu, FLN 2020 juga menjadi acara puncak yang meliputi penghargaan, launching buku, serta donasi hasil dari program terbesar GMB-Indonesia, yaitu Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB). Program GSMB ini lahir dari kegelisahan GMB-Indonesia dikarenakan belum adanya gerakan semesta ketika itu dalam upaya memajukan pendidikan dan literasi di Indonesia. “Gerakan Sekolah Menulis Buku ini sangat penting karena mengajak langsung sebuah elemen yang merupakan bagian aktif dari budaya literasi. Hasil karya dari siswa-siswi yang terlibat dalam program ini akan menjadi pemantik bagi sekolah lain dan elemen masyarakat lain untuk bergerak dan terlibat aktif dalam kegiatan literasi,” ujar Okky Madasari, seorang sastrawan dan penulis buku aktif, dalam sebuah wawancara.

Festival Literasi Nasional merupakan acara rutin yang telah diadakan selama 3 tahun. Festival Literasi Nasional mulai diadakan pada tahun 2016, dan berturut-turut diadakan kembali pada tahun 2017 dan 2018. Pada tahun keempat ini, FLN 2020 berpotensi untuk dihadiri oleh 1.800 peserta dari program-program GMB-Indonesia, akademisi, tamu undangan dari jajaran instansi pemerintahan, pegiat literasi, komunitas, perusahaan-perusahaan peduli pendidikan, dan masyarakat umum.

“Festival Literasi Nasional menjadi wadah aspirasi dari masyarakat umum maupun praktisi dan pegiat literasi untuk bertemu sapa dengan para pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan, karena Festival Literasi Nasional akan dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari dosen, mahasiswa, kepala sekolah, guru, siswa, orang tua/wali murid, jajaran instansi pemerintahan, pegiat literasi, komunitas, perusahaan peduli pendidikan, dan masyarakat umum,” ujar Lenang Manggala, Founder GMB-Indonesia.

Festival Literasi Nasional 2020 meliputi beberapa rangkaian acara, seperti seminar oleh tokoh-tokoh nasional dan pemangku kepentingan, Penyerahan Piagam Rekor MURI, aksi simbolis penyerahan donasi buku, penganugerahan juara, peluncuran buku, dan pagelaran seni-budaya.

Diharapkan Festival Literasi Nasional 2020 dapat menjadi tempat terbaik untuk mendiskusikan upaya-upaya menyalakan masa depan bangsa. Maka, berhenti berkabung, ayo bergabung!

Sebagai media online, ERANUSANTARA.com memberikan hak jawab dan hak koreksi kepada pihak yang merasa keberatan dengan informasi yang diterbitkan di media online ERANUSANTARA.com. Mekanisme pengajuan hak jawab dan hak koreksi mengacu pada ketentuan peraturan kode etik jurnalistik ERANUSANTARA.com dan UU No 40 Tahun 1999, tentang Pers.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − five =

ERA Teknologi

Lewat Pesan Singkat, Anies Ucapkan Terimakasih Kepada Pekerja MRT Jakarta

Moda Raya Transportasi (MRT) Jakarta

Published

on

Eranusantara.com – Proses pekerjaan MRT Jakarta/Foto/JaklLingkoMRTJakarta.

Eranusantara.com, Jakarta – Mass Rapid Transit atau Moda Raya Transportasi (MRT) Jakarta yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan juga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Bunderan HI, Jakarta Pusat, Minggu (24/3). Melalui pesan singkat, Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pekerja MRT Jakarta.

Baca Juga : Jokowi Targetkan 231 Km Jalur MRT Untuk Jabodetabek Dalam 10 Tahun

“Ibu dan Bapak yg saya hormati, saya menuliskan pesan ini untuk ucapkan terima kasih. Apresiasi pada semua yg pernah bekerja membangun MRT ini. Saya sudah berkali-kali naik MRT, tapi tadi pagi berbeda. Pagi ini bersejarah karena MRT akan diresmikan. Di perjalanan menuju lokasi acara, wajah para pekerja itulah yg muncul di benak saya,” Tulis Anies.

Anies menyampaikan, pekerjaan dalam membangun MRT Jakarta, bukanlah hal yang mudah, perlu kerjakeras, tekad yang kuat. Oleh sebab itu, sebuah ucapan terimakasih menjadi jalan satu-satunya sebagai tanda apresiasi Pemerintah kepada seluruh para pekerja.

“Mereka yg berpeluh siang malam. Saya tahu persis karena hampir setiap malam lewat sekitar tiang-tiang pancang. Di malam gulita, saat mayoritas warga telah tidur, Anda semua masih berkeringat. Bekerja tanpa henti,” Terangnya.

Anies juga menggambarakn Borobudur dibangun selama lebih dari 100 tahun; bangsa kita memang punya stamina untuk membuat karya monumental lintas masa. Kita kagum karyanya tapi tak pernah kenal nama para pekerjanya.

Baca Juga : Cerita Panjang 28 Tahun MRT Jakarta, Digeber Jokowi Dalam 6 Tahun MRT Terealisasi

Saya sudah meminta kepada Direksi PT. MRT agar mencatat setiap nama yang terlibat, sekecil apapun termasuk para pekerja paling operasional. Dokumentasikan semua, dan izinkan kami, bangsa Indonesia, mengenal orang-orang yg bekerja keras dalam sunyi.

Hari ini mungkin Anda di rumah, menonton di televisi atau membaca beritanya. Anda tidak berada di lokasi, tak menyaksikan langsung hasil kerja keras yang anda lakukan. Tapi ketahuilah, tepuk tangan tadi membahana. Ribuan bertepuk-tangan. Izinkan saya menegaskan bahwa tepuk tangan itu sesungguhnya untuk Anda, untuk tiap jiwa yg bekerja dalam senyap.

Anda telah mengubah wajah ibu kota, hasil kerja Anda akan memudahkan hidup jutaan orang selama puluhan tahun mendatang. Mereka semua hampir pasti tidak kenal dengan nama Anda tapi semua pasti merasakan karya Anda yg akan berbekas sepanjang sejarah.

Kami yg berdiri di atas panggung, gelintiran jumlahnya, tak sebanding dengan Ibu-Bapak yg ratusan ribu jumlahnya yg bekerja tak tampak, jauh dari sorotan publik.

Atas nama rakyat Jakarta, saya mengirimkan rasa terima kasih dan rasa hormat pada Ibu, Bapak dan Saudara semua. Semoga tiap butir keringat itu akan dicatat sebagai amal shaleh, dan setiap kemudahan yang dirasakan oleh pengguna MRT akan dicatat sebagai amal jariyah bagi Anda semua. Wassalamu’alaikum warrahmatulahi wabarakatuh. Ungkap Anies pada pesan singkatnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Facebook

ERAINVESTIGASI

opini

EraChannel18

Advertisement

Trending