Connect with us

ERA CHANNEL 18

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah Kab. Solok Dilanda Banjir dan Banjir Bandang

Published

on

Eranusantara.com, Solok – Banjir melanda berbagai kawasan di Kabupaten Solok. Hujan yang turun mengguyur Kabupaten Solok sejak Jumat, (7/2) malam, membuat beberapa sungai seperti Batang Lembang, Batang Sumani, Batang Cupak dan beberapa sungai lainnya yang ada di Kab. Solok meluap. Akibatnya, beberapa nagari disepanjang aliran sungai ini mengalami banjir pada Sabtu, (8/2) pagi.

Aliran batang Cupak yang melewati nagari Koto Baru terlihat meluap di sekitar Muaro dan Kayu Samuk Jorong Simpang.

Begitu juga dengan batang Sumani, airnya terlihat meluap disekat jembatan Koto Baru dan menggenangi daerah aliran sungai. Luapannya juga menggenangi sawah didepan Polsek Kubung. Akibatnya, padi yang dalam kondisi siap ditanam ini trendam air.

Di Kinari, Kecamatan Bukit Sundi, air kembali meluap, selain merendam pemukiman warga , airjuga masuk ke rumah ibadah. Akibatnya pagi ini jamaah tidak bisa melaksanakan shalat berjamaah di beberapa masjid dan mushala di Nagari Kinari.

Luapan air juga menggenangi beberapa kawasan di Koto Panjang dan Balai Pinang, Nagari Muaro Paneh. Air menggenangi jalan Koto Baru — Muaro Paneh di sekitar Air Batuang.

Kondisi serupa juga terlihat disepanjang aliran Batang Lembang yang masuk wilayah Kota Solok, saat debit air mulai meningkat, masyakat disepanjang sungai mulai siaga.

Walau belum ada laporan masyarakat tentang luapan sungai ini, BPBD patroli dan siaga pagi ini dengan mendatangi daerah yang berpotensi banjir.

Sementara itu, Kecamatan Payung sekaki dilanda banjir bandang, dengan luapan air yang sangat besar sehingga banyak sawah dan jembatan putus akibat banjir bandang yang melanda payung sekaki. Menurut laporan, hingga berita ini diturunkan, tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir bandang ini.

Bagi masyarakat Kabupaten Solok khususnya, agar tetap waspada, karna curah hujan cukup tinggi diwilayah Kabupaten Solok dan sekitarnya.

Beberapa wilayah yang terkena banjir, Muaro panas, Kinari, Panyangkalan, Selayo, Payung Sekaki, Talang Babungo dan Sumani.

Ride

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − one =

Advertisement
Advertisement

Facebook

Advertisement

EraChannel18

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement