Connect with us

ERA CHANNEL 18

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah Kab. Solok Dilanda Banjir dan Banjir Bandang

Published

on

Eranusantara.com, Solok – Banjir melanda berbagai kawasan di Kabupaten Solok. Hujan yang turun mengguyur Kabupaten Solok sejak Jumat, (7/2) malam, membuat beberapa sungai seperti Batang Lembang, Batang Sumani, Batang Cupak dan beberapa sungai lainnya yang ada di Kab. Solok meluap. Akibatnya, beberapa nagari disepanjang aliran sungai ini mengalami banjir pada Sabtu, (8/2) pagi.

Aliran batang Cupak yang melewati nagari Koto Baru terlihat meluap di sekitar Muaro dan Kayu Samuk Jorong Simpang.

Begitu juga dengan batang Sumani, airnya terlihat meluap disekat jembatan Koto Baru dan menggenangi daerah aliran sungai. Luapannya juga menggenangi sawah didepan Polsek Kubung. Akibatnya, padi yang dalam kondisi siap ditanam ini trendam air.

Di Kinari, Kecamatan Bukit Sundi, air kembali meluap, selain merendam pemukiman warga , airjuga masuk ke rumah ibadah. Akibatnya pagi ini jamaah tidak bisa melaksanakan shalat berjamaah di beberapa masjid dan mushala di Nagari Kinari.

Luapan air juga menggenangi beberapa kawasan di Koto Panjang dan Balai Pinang, Nagari Muaro Paneh. Air menggenangi jalan Koto Baru — Muaro Paneh di sekitar Air Batuang.

Kondisi serupa juga terlihat disepanjang aliran Batang Lembang yang masuk wilayah Kota Solok, saat debit air mulai meningkat, masyakat disepanjang sungai mulai siaga.

Walau belum ada laporan masyarakat tentang luapan sungai ini, BPBD patroli dan siaga pagi ini dengan mendatangi daerah yang berpotensi banjir.

Sementara itu, Kecamatan Payung sekaki dilanda banjir bandang, dengan luapan air yang sangat besar sehingga banyak sawah dan jembatan putus akibat banjir bandang yang melanda payung sekaki. Menurut laporan, hingga berita ini diturunkan, tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir bandang ini.

Bagi masyarakat Kabupaten Solok khususnya, agar tetap waspada, karna curah hujan cukup tinggi diwilayah Kabupaten Solok dan sekitarnya.

Beberapa wilayah yang terkena banjir, Muaro panas, Kinari, Panyangkalan, Selayo, Payung Sekaki, Talang Babungo dan Sumani.

Ride

Sebagai media online, ERANUSANTARA.com memberikan hak jawab dan hak koreksi kepada pihak yang merasa keberatan dengan informasi yang diterbitkan di media online ERANUSANTARA.com. Mekanisme pengajuan hak jawab dan hak koreksi mengacu pada ketentuan peraturan kode etik jurnalistik ERANUSANTARA.com dan UU No 40 Tahun 1999, tentang Pers.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + seven =

ERA BISNIS

Pemprov dan DPRD Sumbar Dukung Investasi, Pemkab Solok Jamin Permudah Investor

Published

on

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse
Reporter : WahyuEditor : Wandre DP

Eranusantara.com, Solok – Rombongan DPRD Sumatera Barat yang diwakili oleh Komisi IV beserta Pemprov Sumbar yang diwakili oleh Dinas ESDM dan Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Barat, berkunjung ke lokasi proyek pembukaan jalan PT. Arosuka Mandiri, di Kec. IX Koto Sungai Lasi, Kab. Solok, pada Sabtu, (4/7), siang.

Kunjungan kali ini dalam rangka meninjau, mengontrol dan mengawasi proyek pembukaan jalan baru yang dilakukan oleh PT. Arosuka Mandiri.

“Kali ini kedatangan kita kesini dalam rangka melakukan pengawasan karena ini merupakan salah satu tupoksi DPRD. Kita ingin tau kendisi lapangan, makanya kita turun langsung ke lokasi untuk mengetahui fakta dilapangan seperti apa, ” ungkap Rico Afriano, ST, selaku anggota DPRD Sumbar Komisi IV, kepada eranusantara.com, Sabtu, (4/7) siang di lokasi.

Rico juga menegaskan bahwa DPRD dan Provinsi Sumbar sangat mendukung investasi di Sumbar.

“Pada prinsipnya kita di DPRD Provinsi Sumatera Barat sangat mendukung investasi yang masuk ke daerah. Namun kita juga menyampaikan kepada investor bahwa para investor harus tetap memperhatikan keselamatan lingkungan, aspek lingkungan dan keselamatan kerja,” tegas Rico.

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Facebook

ERAINVESTIGASI

opini

EraChannel18

Advertisement

Trending