Connect with us

ERA HUKUM & KRIMINAL

Polres Solok Kota Musnahkan Barang Bukti Pelanggaran Lalulintas

Published

on

Eranusantara.com, Solok – Polres Solok Kota laksanakan pemusnahan barang bukti pelanggaran lalu lintas dibawah komando AKBP Ferry Suwandi, S.I.K, yang berada diwilayah hukum yang dipimpinnya pada Kamis, (06/02) siang.

Yang dihadiri oleh beberapa pejabat,untuk melihat pemusnahkan barang bukti pelanggaran,Wakil Wali Kota Solok Reinier, ST.MM, Kepala Kejaksaan Negeri Solok, Kepala Dinas Perhungan Kota Solok, Ketua DPRD Kota Solok, Anggota DPRD Kab. Solok Septrismen, Ketua LKAAM Kota Solok, dan Seluruh jajaran beserta anggota kepolisian yang bertugas di Polres Solok Kota, serta beberapa awak media yang ikut langsung terjun kelapangan giat Polres Solok Kota.

Dalam sambutannya, Kapolresta Solok AKBP Ferry Suwandi, S.I.K menerangkan, bahwa giat yang dilakukannya pagi itu merupakan pemusnahan alat bukti atas pelanggaran pengendara dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polres Solok Kota.

“Barang bukti yang kita musnahkan pagi ini, adalah berupa klnalpot racing dan plat nomor yang tidak sesuai dengan standar yang telah diatur sesuai undang-undang.

Dimana seluruh bukti yang kita musnahkan ini adalah hasil giat rutin dari jararan Lantas Kota Solok yang bertugas dilapangan terhadap para pelanggar, dari januari sampai dengan hari ini,” paparnya.

Dikesempatan itu, Kapolresta juga menyampaikan, bahwa pelanggaran yang berhasil ditindak kurang lebih satu bulan, dari 2 Januari sampai sekarang terdiri dari 618 pelanggaran untuk roda dua, 172 unit pelanggaran roda 4 dan 40 pelanggaran pelanggaran kendaraan jenis roda 6.

”Pemusnahan sekarang merupakan simbolis dengan jumlah knalpot racing 184 buah, yang disita akibat pelanggaran merubah bagian spart part kendaraan yang menggangu ketertiban umum dan menimbulkan kebisingan ditengan masyarakat. Dari semua kasus, yang sudah disidang dan memiliki kepastian hukum ada 784 berkas, berkas selebihnya diberikan teguran dan peringatan,” imbuhnya.

Kemudian, dalam kegiatan yang ditingkatkan dengan melibatkan seluruh Polsek dan jajaran dan seluruh personil Polesta Solok. Kendaraan yang berhasil disita berjumlah 59 unit. Terdiri dari 58 unit roda dua dan satu unit roda empat.

Selanjutnya juga disebutnya, dalam rangka menekan angka pencurian kendaraan bermotor di Kota Solok, pihaknya telah berhasil menekan angka pencurian, dari biasanya ada 20 hingga 30 kasus perbulan. Diawal tahun 2020 ada dua kasus yang berhasil di ungkap dari 4 TKP saja.

Selain itu juga dihimbau AKBP Ferry Suwandi, S.I.K terkait maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor dimasyarakat, dan upaya pencegahannya.

“Jangan membeli kendaraan yang tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah, yaitu STNK dan BPKB. karena bisa dikenakan pasal 480 sebagai
penadah, dan apabila ada seseorang yang sengaja menawarkan kendaraan tanpa berkas yang sah, karena mereka biasanya akan menawarkan dengan harga murah, dan harga jauh dari standar. Jadi jangan sampai terjebak,” tegasnya lagi.

Selanjutnya Wakil Wali Kota Solok Reinier ST.MM dalam sambutannya, ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres Solok Kota dengan seluruh jajaran.

“Terimakasih dan kami dari pihak pemerintah Kota Solok memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Karena kegiatan pagi ini merupakan bukti nyata kinerja Polres Solok Kota telah melakukan penertiban untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat kota solok” ungkap Reinier.

Dikatakannya, Karena memang untuk mendidik masyarakat, khususnya para remaja dalam berlalu lintas cukup susah untuk dikendalikan. Jalan terbaiknya memang harus dengan adanya kepastian hukum.

Kemudian Reinier juga menghimbau bagi masyarakat untuk bisa memahami dan mengerti tugas dari pihak kepolisian, seluruh giat dan operasi yang mereka lakukan, tak lain adalah untuk terciptanya kota solok yang nyaman dan aman bagi warganya, dan tentunya sejalan dengan keinginan Walikota Solok menuju Kota Beras Serambi Madinah.

“Kita bersama masyarakat mendukung ini, dan kita berharap supaya dilanjutkan secara terus menerus, awalnya emang aneh, tapi saya yakin jika dilakukan secara terus menerus. Maka masyarakat lama kelamaan juga akan paham” ungkapnya mengakhiri.

Ride

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 4 =

Advertisement
Advertisement

Facebook

Advertisement

EraChannel18

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement