Connect with us

ERA NEWS

KPK Pastikan Akan Telusuri Dugaan Korupsi ASABRI

Published

on

Ketua KPK Firli Bahuri

Eranusantara.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan melakukan penyelidikan terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri). Hal ini disampaikan Ketua KPK Firli Bahuri saat berkunjung di Gedung Transmedia, Jakarta, Kamis 16 Januari 2020.

Firli mengungkapkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai langkah awal penyelidikan ini.

“Kita sepakat. Kemarin saya dan empat pimpinan datang ke BPK, ketemu dengan Ketua, Wakil Ketua dan anggota BPK. Kita bahas, kita lakukan penyelidikan bersama,” Terangnya.

Untuk memperkuat penyelidikan, lanjut Firli, KPK juga meminta BPK untuk melakukan audit investigasi. Audit tersebut penting, untuk mengetahui jumlah pasti kerugian negara dalam kasus korupsi di PT Asabri. Dari hasil audit investigasi, KPK baru melakukan pengusutan lebih jauh.

“Penegakan hukum itu harus bersinergi, sebagaimana saya sampaikan bahwa ada proses pertama penyelidikan . Kita sudah melakukan koordinasi, diskusi, pembahasan dengan kawan-kawan di BPK,” ujarnya.

Diungkapkan Firli, untuk menangani kasus korupsi yang merugikan negara trilyunan rupiah tersebut, KPK akan bersinergi dengan BPK. KPK melakukan penyelidikan, BPK melakukan audit investigasi.

“Tentu kita harus melakukan kerjasama dengan BPK,  yang memang memiliki kewenangan untuk menentukan terkait dengan kerugian keuangan negara,” terang dia.

Kasus Asabri ini mencuat, setelah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebut, bahwa kerugian di perusahaan asuransi plat merah tersebut mencapai puluhan trilyun rupiah.

Modus operandinya, sebut Mahfud, sama dengan Jiwasraya. Bahkan, sangat dimungkinkan pelaku ada beberapa orang yang sama.

RA/Redaksi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =

Advertisement
Advertisement

Facebook

Advertisement

EraChannel18

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement