Connect with us

ERA JAWA

25 Kota Dilintasi Gerhana Matahari Cincin Api 26 Desember

Published

on

Eranusantara.comBandung – Gerhana matahari pada 26 Desember 2019 akan terlihat seperti cincin api dan gerhana sebagian di wilayah Indonesia. Perbedaan visual itu karena garis lintasan matahari dan wilayah yang dilintasinya.

Di Indonesia, menurut data BMKG, jalur Gerhana Matahari Cincin Api ini akan melewati 25 pusat kota dan kabupaten di tujuh provinsi. Sebarannya yaitu Sinabang dan Singkil (Aceh), kemudian Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, Sibuhuan (Sumatera Utara).

Di Provinsi Riau, daerah yang bisa melihat Gerhana Matahari Cincin Api yaitu Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak Sri Indrapura, Selat Panjang. Sementara di Kepulauan Riau ada di Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, Bandar Seri Bentan.

Sementara wilayah Kalimantan Barat yang kebagian yaitu Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, Putussibau, Kalimantan Utara di Tanjungredep, dan Kalimantan Timur di Tanjungselor.

Gerhana matahari terjadi ketika matahari-bulan-bumi berada tepat segaris. Akibatnya bulan seakan menghalangi matahari langsung ke bumi. Pada fenomena Gerhana Matahari Cincin Api, bulan akan menutupi piringan matahari tapi tidak penuh seperti Gerhana Matahari Total.

Penutupan bulan itu akan menyisakan pendaran matahari di sekelilingnya. Bagi pengamat di bumi, bentuk piringan matahari yang tertutup bulan itu seperti cincin. “Efeknya matahari seperti cincin, gelap di tengah dan terang di pinggirnya,” kata peneliti astronomi BMKG Rukman Nugraha, Senin, 16 Desember 2019.

Selain 25 daerah itu, gerhana matahari tidak berupa cincin api. Piringan matahari hanya akan sebagian tertutupi bulan. Kisaran gerhana sebagian di wilayah Indonesia antara 40-90 persen.

Di Indonesia, waktu mulai gerhana paling awal menurut BMKG adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 10.03.11,9 WIB. Adapun kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Merauke, Papua, yaitu pukul 14.37.10,4 WIT.

Saat puncak gerhana yang paling awal adalah kota Sabang pada pukul 11.49.32,9 WIB. Adapun kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adalah Jayapura, yaitu pukul 15.51.19,7 WIT.

Tempo.Co

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − 4 =

Advertisement
Advertisement

Facebook

Advertisement

EraChannel18

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement