Connect with us

Essay

Public Relations as a Ready Solution for Marketing Strategy

Published

on

Eranusantara.com – Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora – UIN Sunan Kalijaga
Oleh: Mochammad Helmy Fikri
Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora – UIN Sunan Kalijaga

Eranusantara.com, Artikel – Siapa sih tidak kenal dengan Aqua? Salah satu dari merek air minum dalam kemasan yang terkenal di Indonesia. Dengan berbagai program dan iovasi yang digalakkanya seperti program Aqua It’s Me, Aqua Bagaikan Air, dan berbagai program menarik lainnya, Aqua sukses menjadi perusahaan yang besar dengan tingkat penjualan yang tinggi, serta sukses membentuk brand awareness di kalangan masyarakat, sehingga sering kali kita jumpai orang-orang menyebut air mineral dengan sebutan Aqua, walaupun sebenarnya bukan. Kesuksesan Aqua ini tidak lepas dari peran Public Relations di dalamnya.

Public Relations atau yang sering disebut dengan PR maupun humas, merupakan salah satu dari sekian profesi yang tidak pernah sepi peminat dan terus berkembang dengan dinamis di Indonesia. Sebagaimana dalam kumparan.com pada tahun 2018 disebutkan bahwa dalam 10 tahun terakhir, industri Public Relations di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Di era ini, seluruh perusahaan maupun organisasi dalam berbagai bidang dan sektor sudah menyadari pentingnya PR dalam mendukung keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi dalam mencapa targetnya.

Fungsi PR yang semula hanya diposisikan untuk menjadi messenger atau penyampai pesan dengan membuat press relase, press conference dan lain sebagainya, saat ini sudah berperan secara strategis dalam konteks strategic management. PR menjadi solusi terbaik dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada dalam sebuah perusahaan maupun organisasi, baik permasalahan internal maupun eksternal, seperti terjadinya konflik antara atasan dan bawahan, antara karyawan dengan karyawan, kurangnya perhatian perusahaan terhadap karyawan, konflik dengan stakeholder. Hal itu bisa dilakukan dengan berbagai strategi berupa kegiatan, maupun berupa nasehat kepada pimpinan. Lebih dari itu, PR juga bisa menjadi solusi terbaik pula bagi perusahaan dalam memajukan perusahaan untuk meningkatkan pendapatan.

Dalam dunia PR kita akan mendengar istilah Marketing Public Relations (MPR). MPR tidak menekankan pada selling sebagaimana periklanan, namun lebih dari itu MPR juga menekankan dalam pemberian informasi, pendidikan, serta upaya peningkatan pengertian lewat penambahan pengetahuan mengenai suatu merek produk maupun jasa perusahaan supaya dampaknya akan lebih kuat dan lebih melekat untuk diingat oleh nasabah maupun konsumen. Dengan tingkat komunikasi intensif yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan periklanan, maka MPR merupakan konsep yang lebih tinggi dari iklan biasa.

MPR mempunyai efek yang luar biasa dalam menumbuh kembangkan kesadaran konsumen terhadap produk yang ditawarkan, membangun kepercayaan konsumen, membentuk brand awareness, membina dan mempertahankan citra perusahaan baik melalui publikasi, identifikasi media, mengadakan event baik online programe maupun offline, release, sponshorship, berperan aktif dalam kegiatan sosial, dan lain sebagainya.

Jika telah disebutkan kesuksesan Aqua dalam dunia marketing, Go-Jek pun tidak kalah hebatnya, melalui layanan Go-Food yang diolah dengan MPR yang baik telah membentuk citra yang baik di masyarakat sebagai food delivery No. 1 di Indonesia. Berbagai program MPR sukses dilakukan di dalam proses pengembanganya seperti spreading melalui facebook business, promosi pengiklanan melalui sosial media secara langsung salah satunya denggan meng-hire beberapa buzzer yang termasuk dalam food vloger yang mana nantinya food vloger tersebut akan menyebarkanya ke akun media masing-masing, serta melalui program endorsment kepada public figure yang mana dapat memunculkan para opinion leader dengan pemberian royalty baik menggunakan fresh money maupun voucher setelah mempromosikan produk melalui media konvensional maupun sosialnya. Hal-hal inilah yang kemudian membentuk brand awareness terhadap masyarakat dan mampu meningkatkan penjualan dan citra perusahaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − 3 =

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Facebook

EraChannel18

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement