Connect with us

ERA BISNIS

Menkeu Berencana Gandeng Sejumlah Perusahaan Digital Raksasa

Published

on

Eranusantara.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani

Eranusantara.com, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati berniat menggandeng sejumlah perusahaan digital raksasa untuk salurkan program subsidi pemerintah.

“Peran perusahaan digital dianggap bisa memaksimalkan manfaat subsidi kepada masyarakat karena tata kelola bisnis ekonomi digital memungkinkan segala sesuatu tercatat secara transparan dan akuntabel,” Terangnya.

Selain itu dirinya berpendapat bisnis digital memungkinkan pengiriman dan penempatan dana yang jauh lebih akurat dan langsung tertuju pada penerima melalui akun dompet digital di marketplace.

“Subsidi energi berupa elpiji tiga kilogram kepada sekitar 80 juta orang dan bantuan sosial (bansos) di bidang sosial, seperti penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” Ungkap Sri Mulyani dalam mencontohkan terkait penyoalan subsidi yang akan diberikan ini.

Selain itu, pemerintah juga bisa menyalurkan bantuan di bidang pendidikan bidik misi kepada 800 ribu siswa, dana LPDP kepada 5.000 penerima, hingga beasiswa di bawah tingkat perguruan tinggi kepada 20 juta siswa.

Menkeu juga menjelaskan bahwa penerimaan negara juga bisa menggunakan ekonomi digital belanja bisa pakai ekonomi digital, dan pembiayaan SBN (Surat Berharga Negara) juga bisa secara digital.

Tak sampai disitu, Sri Mulyani menjelaskan berbagai penyaluran subsidi bisa membuat para start up digital melakukan perputaran uang dengan potensi ekonomi yang tinggi.

Berdasarkan catatannya, nilai ekonomi digital di Indonesia mencapai 40 miliar dolar AS atau setara Rp566 triliun (berdasarkan kurs Rp14.150 per dolar AS) pada 2019.

Kondisi ini, menurutnya Ini bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan pemerataan ekonomi bisa dipercepat dan ditingkatkan.

Digitalisasi ekonomi sebaiknya dipersiapkan dulu, sebab belum semua kalangan masyarakat mengerti. Meski demikian, tentu ekonomi digital baik untuk transparansi, bagaimana jika belanja pemerintah saja lebih dahulu menerapkannya?

Redaksi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + nineteen =

EraChannel18

Advertisement

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement
Advertisement