Connect with us

Komunitas

GSMB CHAPTER IV NASIONAL: LITERASI, PENDIDIKAN, DAN WAJAH BARU

Published

on

Eranusantaracom – Gerakan Menulis Buku (GMB)

Eranusantara.com, GMB – Setelah sukses menyelenggarakan Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) di Surakarta (2016), GSMB Soloraya (2017), dan GSMB Jawa Tengah (2018). Program GSMB Nasional yang digelar kembali pada tahun ini. Sejumlah 150.000 lebih siswa menulis buku merupakan salah satu target utama pelaksanaan program Gerakan Menulis Buku (GMB).

Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) yang diselenggarakan oleh Gerakan Menulis Buku (GMB) Indonesia, merupakan program yang digagas sebagai wujud respon atas memprihatinkannya budaya literasi masyarakat Indonesia.

Pada penyelenggaraan tahun ke 4 ini, GSMB Nasional mengajak seluruh sekolah tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat, dan SMA/Sederajat, untuk berpartisipasi, mengikutsertakan siswa-siswinya pada program ini. Program ini terdiri dari serangkaian kegiatan yang meliputi lomba menulis puisi, lomba menulis cerpen, lomba menulis artikel, Penerbitan Buku,  Peluncuran Buku, Lokakarya dan Seminar,  Penganugerahan Juara, Pemecahan Rekor MURI, serta diakhiri oleh aksi donasi Semangat Sejuta Buku: untuk Indonesiaku.

Sejak dibukanya pendaftaran Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasioanl Chapter IV: Nasional telah banyak sekolah yang mendaftar dari berbagai daerah dan wilayah di Indonesia, Tercatat hingga 17 September sebanyak 500 lebih sekolah telah mendaftar program ini. Melihat antusiasme yang begitu besar, Tim GSMB pun menerjunkan anggota Sosialisator Program Literasi Nasional yang tersebar berbagai daerah di Indonesia guna menjangkau pelajar di seluruh pelosok Indonesia untuk turut serta berkarya memaju-kembangkan pendidikan melalui literasi.

“Gerakan Menulis Buku Indonesia memiliki kreativitas dan nasionalisme yang luar biasa. Dengan inovasi dan program-program yang diciptakannya, mereka benar-benar berhasil membantu pemerintah untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang semakin maju di bidang literasi, pendidikan, sosial, bahkan secara ekonomi. Mari kita dukung dan turut bergabung dengan misi GMB-Indonesia untuk menyalakan masa depan,” ujar Yahya Tatang Badru Tamam,Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan RI dalam sebuah kesempatan.

Karya siswa akan dimuat dalam satu buku bersama tokoh pendidik dan literasi Indonesia antara lain SapardiDjoko D. sebagai Sastrawan Indonesia, Najela Shihab sebagai Inisiator Semua Murid Semua Guru, Khrisna Pabhicara sebagai Penulis Buku Best Seller, Okky Madasari sebagai Pemenang Sastra Katulistiwa Award, Gunawan Tri. A sebagai Sastrawan Indonesia, RosalianaIntan P sebagai Duta Bahasa Nasional 2018, Elizabeth Sudira sebagai Duta Bahasa 2011, dan Lenang Manggala sebagai socioreneur, penulis.

Kabar literasi Indonesia menurut data EDI UnescoTahun 2011 peringkat 69 dari 127 negara, PIRLS tahun 2011 peringkat 42 dari 45  negara, PISA Tahun 2015 peringkat 64 dari 70 negara, dan INAP Tahun 2016 nilai kemampuan membaca 46,83% (kurang).  GSMB memberikan solusi dengan mengadakan lomba menulis buku sebagai media ekspresi yang memicu gairah berkarya, merangsang penggalian nilai-nilai kehidupan secara mandiri, menebarkan inspirasi, memberikan penanaman karakter, dan memberikan pelatihan serta kompetensi, dan Donasi Semangat Sejuta Buku: Untuk Indonesiaku menamkan sifat kepedulian kepada sesama, menambah ketersediaan bahan baca, menjadi sumber inspirasi, dan implementasi pendidikan karakter.

Masadepan Indonesia yang menyala adalah cita-cita; pengembangan budaya literasi adalah cara; program Gerakan Sekolah Menulis Buku adalah upaya nyata bersama untuk meraih cita-cita. Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi situs resmi Gerakan Sekolah Menulis buku di www.gsmb-indonesia.com

Laporan : GMB/Redaksi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =

EraChannel18

Advertisement

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement
Advertisement