Connect with us

ERA Teknologi

Pesawat Lion Air JT891 Return To Base, Ini Alasannya

Published

on

Eranusantara.com – Pesawat Lion Air.Doc

Eranusantara.com, Gorontalo – Pihak maskapai Lion Air memberikan keterangan resmi terkait RTB (return to base) pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT891, Kamis (19/9).

“Itu (RTB) dijalankan menurut SOP (Standar Operasional Prosedur),” ujar Corporate Communication Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro melalui siaran pers.

Menurutnya, Lion Air tujuan Gorontalo-Makassar itu telah mempersiapkan penerbangan JT-891 dengan baik. Pihaknya sudah melakukan pengecekan awal (pre-flight check) terhadap pesawat Boeing 737-800 yang akan dioperasikan. Setelah menjalani pengecekan, pesawat dinyatakan layak terbang (airworthy for flight).

Pesawat sempat terbang beberapa menit. Namun untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan kembali ke Bandara Djalaludin Gorontalo atau return to base/RTB.

Keputusan tersebut sudah sesuai prosedur operasional dikarenakan pesawat membutuhkan pengecekan di darat,” tambah Danang.

Pesawat pun mendarat dengan normal pukul 07.01 Wita. Pesawat sudah berada di landas parkir (apron), seluruh penumpang dan kru dalam keadaan selamat, serta dikembalikan ke ruang tunggu guna mendapatkan informasi dan layanan lebih lanjut.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul dan menginformasikan keterlambatan penerbangan. Kami sudah memberikan kompensasi sesuai aturan serta memfasilitasi jika ada permintaan refund (pengembalian dana) atau reschedule (perubahan jadwal keberangkatan),” jelas Danang.

Penerbangan JT-891 sudah diberangkatkan hari ini juga dengan menggunakan pesawat Lion Air lainnya yang diterbangkan dari Gorontalo.

“Saat ini pesawat menjalani pengecekan lebih lanjut oleh teknisi. Lion Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Lion Air lainnya tidak terganggu,” tandasnya.

Redaksi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =

EraChannel18

Advertisement

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement
Advertisement