Connect with us

ERA LIFESTYLE

Koperasi Nelayan Bersatu Jaya dan Masyarakat Lakukan Pelestarian Hutan Mangrove

Published

on

Eranusantara.com, Riau – Koperasi Nelayan Bersatu Jaya, Babinkamtibmas  dan masyarakat  setempat melaksanakan kegiatan bulanan dalam rangka pelestarian hutan mangrove dan penanaman 10.000 bibit pohon mangrove di Kelurahan Tanjung Penyebal, Kecamatan Sungai 9, Kota Dumai, pada Jum’at (23/8).

Ketua Koperasi Joko Wiroso bersama Sekretaris Junaidi dan seluruh anggota Koperasi serta Babinkamtimas yang melaksanakan kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan dari penanaman bibit pohon mangrove adalah untuk mencegah abrasi pantai atau Sungai.

“Selain mencegah abrasi yang diakibatkan gelombang laut, juga sebagai tempat untuk berkembang biaknya biota laut seperti kepiting bakau, ikan dan udang serta biota lainnya,” Ungkap Joko Wiroso, selaku ketua koperasi.

Menurutnya, dengan semakin tumbuh dan berkembangnya pohon mangrove kedepan, akan berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Dedi Tiawarman yang merupakan Babinkamtimas Tanjung Penyembal, menjelaskan, keberadaan hutan mangrove di pesisir pantai atau sungai, sangat berperan penting dalam menjaga garis pantai atau sungai agar tetap stabil, sehingga populasi pohon dan semak dapat melindungi tepian pantai atau sungai dari abrasi pantai atau sungai langsung yang berpotensi merusak bibir pantai dan hutan mangrove. Hal ini juga mampu meredam energi dari terjangan gelombang arus air laut tersebut.

“Dalam kegiatan ini, kami bekerja sama dengan masyarakat untuk memperhatikan kelestarian alam, khususnya perairan sungai atau anak sungai yang ada di daerah Kelurahan Nerbit,” tutup Joko Wiroso.

Putra

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + four =

EraChannel18

Advertisement

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement
Advertisement