Connect with us

ERA BISNIS

Lima Mall di Jakarta Sepi, Malah Mau Bangun Lima Mall Lagi?

Published

on

Eranusantara.com – Pusat perbelanjaan (Mall).
Sebanyak lima mall baru tercatat akan kembali dibangun di saentro Ibukota Jakarta dalam waktu dekat ini

Eranusantara.com, Jakarta – Sudah bukan desas-desus belaka bila sejumlah mall di Jakarta mulai sepi dari pengunjung. Banyak faktor yang membuat mall-mall ini tak seramai beberapa tahun lalu. Bahkan, mall-mall ini sempat menjadi primadona untuk tempat nongkrong para muda-mudi ibu kota.

Sebut saja Pasaraya Manggarai, pusat perbelanjaan yang pernah jaya di zamannya ini pun kini tampak sepi dari aktivitas jual beli antara pedagang dengan pengunjungnya. Sepinya mall ini juga lantaran tutupnya para tenant dari gerai makanan dan minuman yang biasa menemani para pengunjung saat berjalan-jalan mengelilingi mall.

Kondisi sepi ini kian bertambah saat ditinggal oleh Matahari Department Store. Selain Pasaraya Manggarai yang mulai sepi, mall-mall lainnya yang bernasib sama di antaranya adalah Blok M Plaza, Plaza Semanggi, Pasaraya Blok M, dan Pulo Gadung Trade Center.

Kendati demikian, sebanyak lima mall baru tercatat akan kembali dibangun di saentro Ibukota Jakarta dalam waktu dekat ini. Tentu saja ini memunculkan tanda tanya di ruang publik. Mengingat mall-mall yang sudah ada saja sepi, lalu kenapa para pengembang ini terus saja membangun lagi dan lagi?

Selain gairah para pelancong yang terlihat memiliki tren penurunan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga diketahui telah menerapkan kebijakan moratorium (jeda) pembangunan mall baru sejak tahun 2011.

Akan tetapi, ternyata kelima proyek tersebut diteken perizinannya oleh Gubernur Fauzi Bowo di ujung masa jabatannya, sebelum moratorium izin mall diimplementasikan. Pembatasan mal baru sendiri terkait dengan upaya alih-fungsi lahan menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan resapan air di Jakarta. Berdasarkan firma riset properti Jones Lang Lasalle (JLL), kelima mall tersebut akan menambah pasokan ruang ritel baru di Jakarta sebanyak 222.000 meter persegi (m2) pada kurun waktu 2019 hingga 2021.

Dua mall yang diperkirakan beroperasi pada tahun ini yakni Pondok Indah Mall (PIM) 3 dan LRT City Urban Signature. Dua mall lagi akan beroperasi tahun depan yakni AEON Mall Southgate dan Holland Village. Keduanya menambah pasokan ruang ritel sebanyak 92.000. Terakhir yakni mal Puri Indah Mall 2 yang menawarkan ruang ritel baru seluas 70.000 m2 pada tahun 2021. Sepinya pengunjung di beberapa mal dalam dekade terkahir nampaknya tidak menyurutkan para pengembang untuk membuka mall-mall baru ini.

Fahad Hasan_Redaksi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + twenty =

EraChannel18

Advertisement

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement
Advertisement