Connect with us

ERA NEWS

Nagari Persiapan di Pasbar Siap Menuju Nagari Definetip

Published

on

Eranusantara.com – kegiatan Finalisasi Penyusunan Kelengkapan Dokumen Nagari.@2019 Sofyan.

Eranusantara.com, Sumbar – Pemkab Pasaman Barat (Pasbar) melalui Bagian Pemerintahan Nagari Setda, mengadakan kegiatan Finalisasi Penyusunan Kelengkapan Dokumen Nagari Persiapan menuju Nagari Defenitif yang dihadiri oleh seluruh Wali Nagari Induk serta Pj. Wali Nagari Persiapan se- kabupaten Pasbar, di salah satu hotel di Kota Padang, Selasa (1/5).

Pada malam pembukaan kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Pasbar, H. Syahiran didampingi Asisten Bidang Pemerintahan, Edy Murdani dan Asisten Bidang Administrasi, Raf’an.

Baca Juga : Usai Mengamuk Diacara Adat, Seorang Pria Bakar Kantor KAN Nagari Talang

Dalam sambutannya, Bupati Pasbar menyampaikan apresiasi khusus atas kinerja Bagian Pemerintah Nagari yang telah melakukan peran serta aktif dalam proses penataan nagari di Kab. Pasbar.

“Terimakasih atas dedikasi dan kerja keras Kabag Pemnag dibawah kordinasi Asisten Pemerintahan beserta jajarannya dalam melalui seluruh tahapan menuju penataan nagari kita, semoga dalam waktu secepatnya penataan nagari di Pasbar dapat terealisasi sepenuhnya,” ujar Syahiran.

Baca Juga : Garda Demokrasi Pancasila : Elit Jangan Lawan Kehendak Rakyat

“Kepada para Wali Nagari Induk dan Pj. Wali Nagari Persiapan, tetap jalin komunikasi yang intens dengan Camat sebagai garda terdepan pemerintahan, jangan sampai ada perpecahan diantara kita sehingga tidak terdapat kendala dalam menyelesaikan proses penataan nagari tersebut, ” tambah Syahiran.

Sementara itu, sebagaimana laparan panitia yang dibacakan oleh Kabag Pemnag, Jon Wilmar, bahwa dalam rangka penataan nagari di Kabupaten Pasaman Barat yangg sudah memasuki tahun ke-2, maka dilakukan kegiatan finalisasi penyusunan seluruh kelengkapan dokumen yang disyaratkan pada Permendagri Nomor 1 tahun 2017 tentang Penataan Desa.

“Diharapkan dengan kegiatan ini seluruh syarat yang diminta oleh Pemerintah Provinsi dan Kemendagri dalam proses pemekaran pemerintahan nagari bisa terpenuhi dan selesai, serta siap untuk diajukan ketingkat Provinsi dan Pemerintah Pusat melalui Kemendagri, agar bisa mendapatkan kode register dan menjadi Nagari Defenitif, ” pungkas Kabag yang akrab dipanggil JW ini didampingi Kasubagnya, Syaikhul Putra.

Terlihat dilokasi kegiatan hampir semua Wali Nagari dan Pj. Wali Nagari dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Sofyan harahap_Redaksi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =

ERA NEWS

Mendagri Singgung Kepala Daerah Yang Belum Cairkan Anggaran NPHD Untuk Pilkada 2020

Published

on

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse
Reporter : Andi ZEditor : Wahyu

Eranusantara.com, Ternate – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian berulang kali menyinggung kepala daerah yang berdasarkan data, belum juga mencairkan anggaran Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada Serentak Tahun 2020.

Padahal tahapan Pilkada telah dimulai sejak 15 Juni lalu, dan untuk kelancarannya, penyelenggara Pemilu di tingkat daerah, baik KPUD, Bawaslu Daerah, maupun aparat keamanan, membutuhkan anggaran operasional yang bersumber dari NPHD.

Dalam kunjungannya di Ternate, dalam Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Maluku Utara dan Pengarahan Gugus Tugas Covid-19, Kamis (09/07/2020) di Royal Resto and Function Hall.

“Saya mendatangi daerah-daerah yang belum tuntas NPHD-nya, karena untuk semua itu harus pakai uang, maka KPU dan Bawaslu ya mereka kalau bekerja betul-betul ya harus dilengkapi dengan anggaran yang cukup, untuk operasional mereka,” kata Mendagri.

Ia juga menyatakan keprihatinannya atas pencairan NPHD yang belum tuntas di sejumlah daerah. Padahal, tahapan Pilkada telah berlangsung dan terus berlanjut, sementara penyelenggara membutuhkan anggaran yang cukup.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Facebook

ERAINVESTIGASI

opini

EraChannel18

Advertisement

Trending