Connect with us

ERA BISNIS

Dibalik Annual Report Jiwasraya – Berita I

Published

on

Eranusantara.com – Asuransi Jiwasraya
Utang Jiwasraya Naik 100 Persen

Eranusantara.com, Jakarta – Pihak manajemen perusahaan Jiwasraya mengklaim bahwa mereka tidak menggunakan utang sebagai sumber pembiayaan kegiatan. Karena usaha selama ini pembiayaannya berasal dari dana sendiri. Pernyataan manajemen Asuransi Jiwasraya ini ada benarnya juga. Karena pada tahun 2015 perusahaan asuransi plat merah ini tidak punya utang sama sekali. Baru pada tahun 2016, tiba-tiba Jiwasraya mempunyai utang dalam bentuk Utang Reasuransi sebesar Rp31,46 miliar.

Baca Juga : Siapa Yang Mesti Bertanggungjawab Atas Kematian Hampir 300 Orang Petugas KPPS?

Berarti, Utang Reasuransi telah mengalami kenaikan sebesar 100 persen dari tahun sebelumnya. Tetapi, pada bulan September tahun 2017, Utang Reasuransi Asuransi Jiwasraya turun sebesar Rp18,6 miliar, lalu menjadi sebesar Rp12,84 miliar. Selain Utang Reasuransi, Asuransi Jiwasraya juga punya Utang Pajak. Dimana Utang Pajak per 31 Desember 2016 sebesar Rp9,34 miliar. Hal ini menandakan bahwa Utang Pajak Jiwasraya mengalami kenaikan sebesar Rp4,21 miliar atau 82,11 persen dari tahun sebelumnya, yang hanya sebesar Rp5,13 miliar.

Baca Juga : Dirjen PKH : Waspadai Resistensi Antimikroba Ancam 10 Juta Jiwa Tahun 2050

Kondisi utang Asuransi Jiwasraya ini untuk publik membuktikan manajemen perusahaan tidak konsisten dengan penyataan mereka. Bahwa perusahaan tidak menggunakan utang sebagai sumber pembiayaian.

Untuk itu, lebih baik para Komisaris Asuransi Jiwasraya yang punya gaji dan fasilitas serba mewah, menyarankan kepada jajaran Direksi atau manajemen, agar jangan mengumbar pernyataan dalam “Annual Report”, bahwa perusahaan tidak punya utang atau tidak menggunakan utang sebagai sumber pembiayaan.

Terkait berita di atas, eranusantara.com mencoba menghubungi pihak Jiwasraya, namun hingga berita ini ditulis tidak ada klarifikasi maupun respon dari mereka.

Fahad Hasan_Redaksi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 9 =

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Facebook

EraChannel18

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement