Connect with us

ERA Pariwisata

Parade Tangkuluak Perkenalkan Potensi Wisata Pesisir Selatan

Published

on

Eranusantara.com – Tangkuluak adalah penutup kepala atau hiasan kepala busana tradisional wanita Minangkabau. (Img/Red)

ERANUSANTARA.com, Pessel, SUMBAR – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengenalkan potensi pariwisata di Pesisir Selatan melalui event parade budaya Tangkuluak antar Nagari Adat Se- Kabupaten Pessel. Rabu (12/12).

Pada rapat teknis persiapan pelaksanaan parade Tangkuluak antar nagari Adat Se- Kabupaten Pessel, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menghadirkan beberapa orang pemateri yang berkompeten di bidangnya, sepeti Adat, Syarat, Desainer (pakaian) dan menu.

Baca Juga : TP4D Kejari Pessel, Lakukan Pendampingan Pembangunan 4 Pasar

Menurut Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel Mawardi Roska dalam paparanya dihadapan bundo kandung dan Ketua KAN di Pessel mengatakan, di era sekarang ini banyak generasi muda yang kurang memahami apa itu Tangkuluak. Sebagai orang Minangkabau, budaya Tangkuluak ini harus di lestarikan sebagai salah satu wadah mengenalkan potensi pariwisata dari sisi budayanya.

” Acaranya dilaksanakan tanggal 17 Desember 2018, di pantai muaro banting Nagari Pulau Karam Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat ” terang Mawardi.

Dikatakannya, pada parade Tangkuluak nantinya akan di konsep sebuah skenario rapat musyawarah nagari yaitu proses makan bajambah. Berdasarkan Adat Bersandi Sarak, Sarak bersandi Kitab Bulloh. Selain, mengenalkan potensi pariwisata, perlu kita tonjolkan potensi budaya. Jadi budaya yang kita kedepankan.

Baca Juga : Kepala Desa Todong Wartawan Pakai Senpi, Ini Alasannya

Dan, untuk itu setiap nagari menampilkan Parade Tangkuluak sesuai dengan budaya yang ada di Nagarinya. Kata Nya.

” Kita harapkan ada nilai jual sekaligus memperkanalkan Budaya Minang ke luar, khususnya ke kalangan generasi muda,” kata Mawardi.

Untuk itu rapat teknis kali ini cukup perlu di lakukan agar pada pelaksanaan parade Tangkuluak yang menjadi agenda di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga bisa berjalan sukses. Kedepan, Mawardi akan melaksanakan ivend – ivend budaya dalam mempromosikan pariwisata dan budaya di Kabupaten Pessel. Akhirnya.


(rio/Pessel/Red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + six =

EraChannel18

Advertisement

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement
Advertisement