Connect with us

Tips & Gaya Hidup

Mengenal 4 Jenis Makanan Penyebab Kanker

Published

on

ERANUSANTARA, KESEHATAN – Seperti yang sangat jelas kita ketahui, alasan munculnya kanker di tubuh memang tidak dapat diketahui dengan pasti. Namun sebuah penelitian menyatakan jika mengonsumsi makanan yang termasuk kategori karsinogenik bisa memicu timbulnya sakit kanker di dalam tubuh. Karsinogenik sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut substansi penyebab kanker atau yang meningkatkan risiko kanker.

Makanan yang termasuk kategori karsinogenik cukup banyak beredar di masyarakat. Bahkan mungkin beberapa di antaranya sering Anda konsumsi tanpa Anda sadari bahayanya. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang termasuk kategori ini:

  • Daging olahan
    Konsumsi daging memang bagus untuk kesehatan tubuh, namun tidak pada daging olahan yang dijual di pasaran. Sebab dalam proses pembuatannya mengandung senyawa yang sangat berbahaya untuk tubuh, seperti natrium nitrat, aditif, dan bahan kimia lainnya. Senyawa inilah yang dapat memunculkan kanker di dalam tubuh.

  • Salmon yang diternak
    Ikan salmon seharusnya menjadi makanan paling sehat untuk tubuh karena mengandung Omega 3 yang sangat tinggi. Namun, apabila ikan tersebut adalah hasil ternak maka ada baiknya Anda berhati-hati. Sebab beberapa ikan ternak telah terkontaminasi berbagai zat kimia yang tergolong karsinogenik.

  • Keripik kentang
    Anda penyuka keripik kentang? Jika iya, sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi makanan ini. Sebab pada proses pembuatannya, keripik kentang digoreng pada suhu yang tinggi hingga menyebabkan terbentuknya akrilamida, yaitu suatu zat karsinogen yang terkandung dalam rokok.

  • Makanan kemasan
    Apakah Anda suka mengonsumsi makanan yang dijual dalam bentuk kemasan? Jika iya, maka mulai dari sekarang coba deh untuk menguranginya. Sebab, menurut hasil penelitian, makanan kemasan mengandung senyawa yang sama dengan keripik kentang, yaitu Akrilamida.

Selain menghindari konsumsi beberapa makanan di atas, Anda juga bisa mengurangi risiko kanker dengan menerapkan pola hidup sehat. Anda juga bisa mulai rutin mengonsumsi air hidrogen setiap hari. Sebab hidrogen aktif yang tersimpan di dalam air satu ini mengandung antioksidan cukup tinggi, sehingga mampu mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh.


Editor : Anggita

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − seven =

EraChannel18

Advertisement

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement
Advertisement