Connect with us

ERA NEWS

Pembukaan Jalan Baru, PT. Arosuka Mandiri Sudah Kantongi Sebagian Besar Izin Prinsip

Published

on

Eranusantara.com, Solok – Proses pembukaan jalan baru, Talang Jorong Sawah Jantan, Aie Luo – Sumiso, Kab. Solok, Sumbar, sudah berjalan sejak 4 bulan lalu. Pembukaan jalan baru ini dilakukan oleh PT. Arosuka Mandiri yang nantinya akan digunakan sebagai jalur tambang biji besi dan akses keluar masuk masyarakat Kec. Tigo Lurah, Kec. Payung Sekaki dan Kec. IX Koto Sungai Lasi yang selama ini memang sangat terkendala dengan akses jalan.

Namun beberapa hari terakhir, muncul kabar bahwa PT. Arosuka Mandiri dianggap tidak memiliki izin selain izin tambang biji besi. Informasi ini langsung ditanggapi oleh Wandi Afrianto, salah satu pimpinan perusahaan PT. Arosuka Mandiri kepada eranusantara.com, Sabtu, (20/6), siang dilokasi proyek.

Wandi mengatakan, bahwa sejauh ini pihak perusahaan sudah mengantongi sebahagian besar izin prinsip terkait aktifitas tambang, maupun kegiatan pembukaan akses jalan yang sebahagian besar melewati tanah masyarakat.

“Informasi itu tidak benar, sejauh ini kita sudah mengantongi sebahagian besar izin prinsip, termasuk izin pemakaian kawasan hutan produksi terbatas yang memang kita manfaatkan untuk akses jalan,” ungkapnya kepada Eranusantara.com.

Dari total 40 Km jalan yang akan dibuka, memang ada sebagian melewati kawasan hutan produksi. Namun, itu belum digarap karena sejauh ini belum mendapatkan izin.

“Dari total kurang lebih 40 km jalan yang akan kita buka, ada kawasan yang masuk hutan produksi sepanjang 1,1 km. Untuk izinnya memang masih belum keluar. Oleh karena itu kita juga tidak berani untuk menggarap kawasan ini. Namun yang lain kita sudah kantongi izinnya, ” jelas Wandi.

“Kita sngat berterimakasih kepada Bupati Solok sudah diingatkan mengenai hal ini. Kita berharap semoga kedepannya dengan dukungan penuh Pemkab Solok, izin pinjam pakai hutan produksi ini dapat segera kita peroleh, agar pembangunan jalan ini dapat terealisasi sesuai rencana,” jelas Wandi menambahkan.

Sementara itu, Bupati Solok, Gusmal, SE, MM, mengatakan bahwa pemkab solok sangat mendukung adanya investor yang masuk ke daerah penghasil beras ternama ini.

“Kalau Investasi pasti didukung lah, tetapi Investor harus mengikuti ketentuan peraturan per undang2an yang berlaku karena kita semua harus taat aturan,” ungkapnya kepada eranusantara.com melalui pesan whatsappnya Sabtu,(20/6), malam.

Wandre Drawita Putra, Pimpinan Redaksi dari media online eranusantara.com. Bergelut dalam Dunia Jurnalistik lebih kurang 15 Tahun. Tujuan beliau mendirikan media ini sebagai alat untuk inspirasi masyarakat dalam mengemukakan pandangan serta pendapat mereka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + ten =

AKTIVITAS KEPALA NEGARA & DAERAH

Presiden Jokowi Apresiasi Kiprah ITB Warnai Sejarah Bangsa

Published

on

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse
Sekretariat PresidenEditor : Wandre DP

Eranusantara.com, – Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato secara virtual dalam acara sidang terbuka Peringatan 100 Tahun Perjalanan Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia, Jumat, 3 Juli 2020 yang digelar Institut Teknologi Bandung (ITB). Dalam pidatonya, Presiden mengaku senang bisa hadir di tengah keluarga ITB yang telah melahirkan sejumlah tokoh bangsa.

“Saya senang dan bangga bisa hadir secara virtual di tengah keluarga besar ITB, institut pendidikan teknik tertua di Indonesia. Tempat Ir. Soekarno menimba ilmu dan kepemimpinan, tempat Ir. Djuanda Kartawidjaja belajar dan membangun kecintaan kepada Tanah Air, tempat Ir. B.J. Habibie, Bapak Teknologi Indonesia mengawali jejak sebagai engineer yang disegani dunia, dan banyak tokoh besar bangsa yang lainnya yang lahir dari rahim ITB,” papar Presiden.

Menurut Presiden Jokowi, hal yang mengagumkan yaitu selain sebagai perguruan tinggi teknik ternama, ITB juga mengembangkan pendidikan seni, humaniora, dan kebudayaan. Tercatat sejumlah tokoh seperti Sjafei Sumardja yang giat mengembangkan pendidikan seni, musisi legendaris Sam Bimbo, I Nyoman Nuarta yang menghasilkan karya seni yang luar biasa, hingga Iskandar Alisyahbana mantan Rektor ITB yang juga Bapak Sistem Komunikasi Satelit Indonesia.

“Semua itu menunjukkan bahwa ITB sangat mewarnai perjalanan besar sejarah Indonesia. Dari kampus ini semangat kemerdekaan digaungkan, permasalahan bangsa diselesaikan, dan kemajuan bangsa dihasilkan,” imbuhnya.

Di tengah persaingan global yang semakin kompetitif, Presiden memandang bahwa peran pendidikan tinggi harus semakin signifikan. Pendidikan tinggi harus menjadi pemandu perubahan besar, menggagas inovasi dan terobosan, serta membuat Indonesia semakin disegani dunia.

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Facebook

ERAINVESTIGASI

opini

EraChannel18

Advertisement

Trending