Connect with us

ERA LOKAL

Bupati Solok Buka Lomba Baca Tingkat SD 2020

Published

on

Eranusantara.com, Solok – Minat membaca pelajar masa kini terbilang sangat memprihatinkan. Karena itu guru wajib memotivasi siswa untuk gemar membaca sejak dini. Hal itu ditungkapkan Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM saat membuka secara resmi Lomba Minat Baca (Bercerita) Tingkat SD/MI se Kabupaten Solok Tahun 2020, bertempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok, pada Selasa, (17/3) siang.

Lebih lanjut dikatakan bupati, membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan. Dengan membaca banyak sekali manfaat yang didapat, diantaranya informasi dan juga memperluas wawasan. Dari itu ia mengapresiasi Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok yang sudah memfasilitasi terlaksananya kegiatan lomba minat baca (bercerita) tingkat SD/MI se Kabupaten Solok.

“Diharapkan melalui lomba minat baca (bercerita) ini membuat anak semakin giat dan berusaha untuk selalu meningkatkan dan menambah ilmu pengetahuan dengan membaca buku-buku bermanfaat, kata Gusmal.

Menurut bupati,  untuk membantu meningkatkan minat baca, baru-baru ini Kabupaten Solok sudah mempunyai aplikasi buku digital dengan nama isolokkab, dimana membaca buku dapat melalui lap top, HP, dan Desktop dan pada aplikasi ini sudah tersedia 1.500 judul buku yang bermanfaat untuk dibaca seperti buku-buku SD, SMP, SLTA dan buku-buku Umum lainya

“Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan beserta Dinas Pendidikan Kabupaten Solok diminta untuk megadakan kegiatan ini setiap tahunya, supaya tercipta generasi muda Kab Solok yang gemar membaca.

Kepada guru pendamping dan pembina supaya memberikan keleluasaan kepada anak didik,biarkan mereka berkreasi dan berinovasi,” harap Gusmal.

Sebelumnya Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Nofiarman, S,Sos, MM menjelaskan, Lomba Minat Baca (bercerita) ini adalah agenda rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok. Tujuan Kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku.

“Tujuan lainnya adalah mengangkat dan mempopulerkan buku-buku budaya Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Solok yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik, serta membangun karakter anak dan untuk mencari bibit generasi muda yang dapat menjadi panutan bagi teman sebayanya dalam hal membaca,” kata Nofiarrman.

Peserta lomba ini adalah siswa/siswi kelas 4 SD/MI yang merupakan utusan dari setiap kecamatan yak ada dikabupaten Solok dengan jumlah peserta 33 orang. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dan pemenang dari lomba ini akan menjadi utusan dari Kabupaten Solok untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi.

Hadir pada kegiatan ini Bupati Solok H.Gusmal, SE, MM, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Nofiarman, S.Sos, MM, Kadis Pendidikan Zulkisar, S, Pd, MM, Forkopimcam Kubung, Guru pembina lomba membaca tingkat SD/MI dan peserta lomba tingkat SD/MI se Kabupaten Solok.

WDP

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + eight =

Advertisement
Advertisement

Facebook

Advertisement

EraChannel18

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement