Connect with us

ERA NEWS

Pemkab Solok Himbau Masyarakat Jangan Terlalu Khawatir Hadapi Isu Corona

Published

on

Eranusantara.com, Solok – Pemkab Solok gelar rapat lanjutan ke-3 dalam rangka kesiapsiagaan pemerintahan Kabupaten Solok, terkait penanganan Virus Corona/Covid 19 pada Jumat, (20/3), bertempat di Guest House Arosuka. Hadir dalam rapat tersebut, Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM, Sekda Kab. Solok H. Aswirman, SE. MM Asisten Koordinasi Bidang Ekbangkesra Medison, Ketua PMI Kab. Solok Ny. Desnadefi Gusmal, Kapolres Solok Arosuka AKBP. Azhar Nugroho, SH. SIK. MSi, Kakan Kemenang di wakili oleh Kasi Bimas Zulfadli serta beberapa stakeholder terkait lainnya.

Pada rapat ke-3 yang tersebut, Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM, memutuskan, Terkait dengan covid-19 maka mulai besok 21 Maret 2020 anak sekolah akan di rumahkan (home learning), tetapi masih dalam pengawasan orang tua dan guru untuk tetap belajar dalam rangka mempersiapkan diri untuk ujian. Kepada para guru agar memberikan tugas kepada siswa selama dirumahkan, sedangkan untuk pegawai negeri non guru belum bisa laksanakan kerja di rumah, sebab fasilitas masih belum menunjang, dalam hal tersebut unsur terkait lainnya sangat mendukung dan setuju dengan keputusan yang diambil oleh Bupati.

“Siswa akan dirumahkan mulai tanggal 21 Maret 2020 sampai 2 April 2020,” jelas Gusmal.

Dalam arahannya, Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM, mengingatkan masyarakat agar jangan ada yang menyebarkan informasi hoax terkait dengan covid-19. Gusmal berharap agar jangan ada masyarakat yang terlalu khawatir dengan isu-isu adanya pasien yang suspect atau ODP di daerah kita. Terkait isu pelaksanaan tarwih di rumah, Bupati berharap tetap kita laksanakan di masjid dengan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta sarana prasarana masjid (bisa dengan membawa sajadah dan perlengkapan shalat sendiri). Ia berpesan kepada MUI dan Kemenag serta pihak terkait untuk mengevaluasi terkait berbagai kegiatan keagamaan di masjid dan di lingkungan masyarakat, untuk pelaksanaan seluruh MTQ tingkat kecamatan se Kab. Solok akan di tunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Bupati berharap pihak sekolah dapat menjelaskan kepada para wali murid agar selalu melakukan pengawasan terhadap siswa yang libur agar tidak ada yang melakukan kegiatan diluar rumah atau di keramaian,karena Pemkab Solok juga akan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap keefektifan merumahkan siswa ini terhadap kegiatan home learning. Kepada pihak kepolisian, Pol PP dan beberapa unsur lainnya agar dapat selalu melakukan pengawasan terhadap tempat-tempat umum yang raean menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda / anak sekolah, sehingga saat mereka dirumahkan tidak ada yang keluyuran. Kemudian bagi masyarakat yang kurang sehat agar dapat segera melakukan pemeriksaan diri ke rumah sakit / dokter dan dapat melakukan isolasi diri di rumah untuk sementara waktu.

“Kita masih akan tetap melaksanakan ibadah seperti biasanya, Kita juga masih akan terus melakukan berbagai cara dalam mengantisipasi penularan covid-19 ini. Jika semua aktivitas di rumahkan, maka hal tersebut akan berdampak pada lumpuhnya kegiatan perekonomian daerah, ” tegas Gusmal.

Setelah rapat ke tiga itu selesai dilanjutkan dengan penyemprotan untuk kedua kalinya yang dilaksanakan/ dipimpin langsung oleh Bupati dan didampingi oleh Sekda kab. Solok, Ketua PMI kab. Solok, Kapolres Solok Arosuka, Kepala Dinkes dan unsur terkait lainnya.

Aliman Irfan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − two =

Advertisement
Advertisement

Facebook

Advertisement

EraChannel18

ERAINVESTIGASI

opini

Advertisement