Connect with us

ERA CITIZEN CERDAS

Kerugian Negara Diduga Mencapai Rp35 M dan USD15 Juta di Pertamina

Published

on

Eranusantara.com – Pertamina

EraCitizenCerdas merupakan rubrik khusus untuk memuat segala kritikan, pandangan dari pada masyakat untuk menyampaikan segala aspirasi mereka.

Eranusantara.com, CitizenCerdas – Korupsi politis merupakan penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk struktur pemeritahan/perusahaan rentan korupsi dalam praktiknya, sehingga beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi atau menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan.

Titik ujung korupsi ialah kleptokrasi, yang secara harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali. Mengenai potensi korupsi yang menyerbak di lingkup PT Pertamina, publik menjadi prihatin, karena diduga kuat PT Pertamina rugikan negara 35 milyar rupiah dan USD 15 juta.

Selain kasus korupsi suap PLTU Riau – 1, KPK juga harus menggarap Direktur Utama Nicke Wudyawati pada proyek-proyek lain di Pertamina. Pada semester 1 tahun 2018 saja ada 44 kasus dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 35 miliar dan USD15 juta. Bila ditotal kasus-kasus di Pertamina pada tenggat waktu antara 2015 – 2018, ada sejumlah 374 kasus dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 3,3 triliun dan USD1 miliar yang harus disidik oleh KPK langsung.

Fahad_Redaksi

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adventorial

Advertisement
Advertisement

EraChannel18

Advertisement
Advertisement

ERAINVESTIGASI