Connect with us

ERA BISNIS

BTN Menargetkan KPR Online Dapat Menembus Rp6 Triliun

Published

on

Eranusantara.com – Bank Tabungan Negara (BTN)
Selain FLPP, kami juga mengembangkan skema pembiayaan untuk pembangunan perumahan antara lain KPR ABCG yang menggandeng akademisi, komunitas, dan juga pemda.

Eranusantara.com, Jakarta – Tahun 2019, Bank BTN menggeprak. Bank yang dinahkodai oleh Maryono resmi menjadi salah satu bank penyalur FLPP. Tak hanya itu, bank yang memfokuskan untuk bidang KPR ini telah mengembangkan BTN digital channel, bagaimana itu? Berikut wawancara eranusantara.com dengan Direktur Utama, Maryono, di Kantor Pusat Bank BTN, awal Mei 2019 lalu:

Dapat Bapak jelaskan seputar apa yang akan dilakukan BTN di tahun 2018 lalu, serta kinerja maupun produk yang ditawarkan. Lalu apa rencana maupun strategi yang akan Bapak lakukan, baik jangka pendek, menengah maupun panjang dalam mendorong dan meningkatkan performance BTN?

Kami tahun ini resmi menjadi salah satu bank penyalur FLPP artinya kami akan secara optimal mendukung program sejuta rumah dari Pemerintah. Selain FLPP, kami juga mengembangkan skema pembiayaan untuk pembangunan perumahan antara lain KPR ABCG yang menggandeng akademisi, komunitas, dan juga pemda.

Bagaimana Caranya ?

Kita intensif memasarkan aneka produk yang memiliki keunggulan tersendiri dan sasaran yang khusus. Misal, KPR Gaeesss untuk anak milenial, KPR BTN Mikro untuk pekerja informal yang ingin renovasi rumah, KPR lelang untuk mereka yang ingin menyicil rumah hasil pembelian lewat lelang dan lain sebagainya. Kami juga ekspansi dengan bekerjasama ke banyak baik itu pihak swasta maupun BUMN lain untuk layanan jasa perbankan. Kami membuka ruang kerjasama pembiayaan perumahan dengan TNI, Polri serta pemerintah daerah untuk penyediaan rumah.

Lalu…

Selain itu kami juga agresif mengembangkan BTN digital channel karena kita bekerja keras membangun digital ecosystem kami. Perluasan akses layanan perbankan, dan KPR khususnya bisa dilakukan lewat website, www.btnproperti.co.id sudah ditingkatkan fiturnya diharapkan bisa menarik lebih banyak aplikasi KPR online. Portal kami yg lain juga demikian www.rumahmurahbtn.co.id juga menarik banyak peminat dengan fitur-fitur yang memudahkan pembelian rumah lelang.

Berapa pangsa pasar yang di kuasai BTN terkait pasar KPR?

Bank BTN secara umum menguasai sekitar 39% pangsa pasar KPR. Sementara khusus di segmen KPR Subsidi, Bank BTN menguasai hampir sekitar 93%. Kalau dilihat, usia debitur KPR rata-rata di atas 30 tahun, maka BTN memiliki pangsa pasar yang signifikan di generasi milenial. Kami sudah menyiapkan khusus produk KPR GAESS yang membidik milenial, karena memiliki fitur khusus. Selain itu, Uang Muka atau DP yang dibutuhkan minimal 1% (khusus untuk debitur KPR rumah pertama), Bank BTN juga memberikan diskon biaya provisi maupun administrasi sebesar 50%. Biaya-biaya proses KPR tersebut akan dimasukkan dalam plafon kredit. Kemudahan lain yaitu program KPR Gaesss program yang dikemas bersama dengan KPR Zero, artinya debitur bisa mendapatkan cuti membayar utang pokok hingga 2 tahun. KPR Gaeesss juga memberikan pilihan tenor kredit yang panjang yaitu 20 tahun untuk KPA, dan 30 tahun untuk KPR. Untuk mendapatkan kemudahan tersebut, para generasi Y atau milenial yang berminat membeli rumah impiannya hanya disyaratkan masih berusia diantara 21 hingga 30 tahun, memiliki pendapatan/gaji tetap dan minimal sudah bekerja 1 tahun di perusahaan yang sama dan mendaftarkan aplikasi KPR Gaeesss di www.btnproperti.co.id. Lewat portal tersebut, para calon debitur dapat seketika mendapatkan persetujuan ijin prinsip KPR Gaess.

Dapatkah Anda memberi gambaran tantangan yang masih akan dihadapi dalam mendorong perkembangan bisnis perbankan di Indonesia, baik dari sisi regulasi, bahan baku maupun teknis operasional lainnya. Lalu apa yang akan dikerjakan di tahun ini?

Kondisi ekonomi global yang biasanya berdampak pada ekonomi domestic merupakan tantangan lima tahun terakhir, hal ini membuat pemerintah maupun regulator membuat langkah-langkah preventif dan pruden untuk menjaga kondisi ekonomi nasional. Sebagai bank yang memang highly regulated , kami harus patuh dengan aturan. Kendala yang ada akibat gejolak ekonomi sudah pasti dimitigasi oleh pemerintah. Kami mendukung langkah-langkah yang dilakukan pemerintah maupun regulator. Otomatis kami juga menyesuaikan strategi kami dalam menghadapi dinamika ekonomi yang menghadang. Kendala tersebut kami hadapi dengan menguatkan kapasitas permodalan kami, selain itu kami focus pada core business kami sambil terus menguatkan kompetensi SDM kami dalam bekerja dan terus menggali potensi potensi bisnis yang ada. Kebutuhan rumah di Indonesia, backlog yang tercatat masih sebesar sekitar 11 juta, menjadi tantangan kami, tantangan bersama untuk diperbaiki, sehingga kami harus berani dan lincah dalam meraih kesempatan yang ada.

Bagaimana pandangan bapak dalam bisnis perbankan khususnya perumahan di Indonesia. Adakah sisi positif atau negatif, dapat dijelaskan?

Bisnis Perbankan sangat positif bagi sektor properti, selain menyediakan fasilitas pembiayaan perumahan bagi masyarakat, kami di sisi lain juga memberikan akses kredit modal kerja bagi para pengembang dengan kredit konstruksi atau properti. Dengan memberikan akses pembiayaan di sisi supply dan demand di sector properti, kami menilai perbankan berperan penting dalam menurunkan backlog perumahan.

Lalu apa kiat dan strategi yang Anda lakukan dalam mempersiapkan performance BTN dalam turut andil berkiprah dalam pembangunan bangsa.

Kami unggul dalam inovasi baik produk maupun system pengajuan KPR. Dari sisi produk kami memiliki variasi produk, baik KPR konvensional maupun KPR Syariah. Di KPR konvensional ada KPR Subsidi dan non Subsidi dan KPR yang diperuntukkan bagi segmen khusus misalnya KPR Gaes untuk milenial, KPR Platinum dan lain sebagainya. KPR Syariah juga ada yg subsidi dan non subsidi, dan ada KPR Hits yang juga ditawarkan kepada milenial.

Dengan aneka produk KPR yang sangat custom, kami juga menawarkan skema kepemilikan rumah yang lain seperti KPR ABCG yang menggandeng perguruan tinggi, komunitas dan pemda. KPR Mikro bagi para pekerja sektor non-formal. Kami juga memperluas pemberian akses KPR ke komunitas serta pekerja sector non formal, misalnya ojek online, pengemudia taksi, pencukur rambut maupun pedagang mie bakso. Sementara dari system pengajuan KPR, kita sudah menyediakan portal KPR yaitu www.btnproperti.co.id.

Bagaimana terkait pengajuan KPR?

Pengajuan KPR secara langsung meningkat di Bank BTN seiring dengan peningkatan peminat pengajuan KPR lewat website www.btnproperti.co.id yang sudah memiliki fitur baru, yaitu pemantauan status pengajuan KPR dan pembayaran biaya tanda jadi (booking fee) secara online saat membeli rumah. Dengan adanya fitur baru, kami menargetkan pengajuan KPR via online bisa menembus Rp 6 triliun lebih tinggi dibanding pencapaian tahun 2018 lalu di sekitar Rp 3,8 triliun. Untuk menambah peminat pengajuan KPR lewat website, selain penambahan fitur, Bank BTN juga menggandeng lebih banyak pengembang untuk bekerjasama. Selain peningkatan penetapan target pengajuan izin prinsip KPR lewat situs www.btnproperti.co.id, Bank BTN juga mematok target penjualan rumah yang menjadi aset mangkrak di BTN lewat portal www.rumahmurahbtn.co.id lebih tinggi. Portal penjualan rumah lewat mekanisme lelang tersebut ditargetkan dapat mencapai sekitar Rp 200 miliar, atau naik dibandingkan pencapaian tahun 2018 lalu yang sebesar Rp 180 miliar.

Dalam Era Globalisasi, bagaimana bisnis perbankan menurut bapak dapat dimanfaatkan, dapat dijelaskan?

Layanan perbankan di era digital membuat kami harus terus berinovasi menambah fitur di channel digital kami, karena ke saat ini dan ke depan transaksi digital terus meningkat. Kami juga mendukung sinergi BUMN dan Himbara khususnya dalam mengembangkan ATM Merah Putih tahun lalu, dan tahun ini QR pay BUMN yang namanya “LinkAja” yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Fahad Hasan_Redaksi

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

opini

Advertisement

EraChannel18

Advertisement
Advertisement

ERAINVESTIGASI