Connect with us

ERA SULAWESI

Bendungan Paselloreng Di Sulsel, Rampung Dalam 4 Bulan Lagi

Published

on

Eranusantara.com – Gambaran Bendungan raksasa atau Bendungan Paselloreng yang berada dikawasan Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. 2019 Foto Akun Instagram @jokowi.

Eranusantara.com, Jakarta – Bendungan raksasa atau Bendungan Paselloreng yang berada dikawasan Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan hingga kini masih dalam tahap pengerjaan dan akan rampung dalam kurun waktu empat bulan lagi. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam postingan akun Instagramnya @jokowi.

Untuk diketahui Bendungan Paselloreng mulai dikerjakan pada Juni 2015 lalu. Provinsi Sulawesi Selatan merupakan lumbung pangan nasional yang memilik hamparan lahan persawahan di atas 3.000 hektare yang sudah sulit ditemui di daerah lain.

Baca Juga : Sinergitas TNI Polri, Tangkap Tahanan Kasus Pembunuhan yang Melarikan Diri dari LP

“Agar semakin produktif, kita harus memastikan ketersediaan air. Bendungan Paselloreng ini untuk mengairi sekitar 7.000 hektare sawah,” Tulis Jokowi, Selasa (2/4).

Jokowi juga menuliskan Luas genangannya 169 hektare, dengan kapasitas tampung 138 juta meter kubik — sepuluh kali lebih besar dibandingkan Bendungan Raknamo di NTT yang 13,5 juta meter kubik, dan lima kali lebih besar dari Bendungan Kuningan di Jawa Barat yang 25 juta meter kubik.

Selain Paselloreng yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan, pemerintah juga sedang menyelesaikan pembangunan dua bendungan lain diantaranya Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa dan Pamukkulu di Kabupaten Takalar, masing-masing berkapasitas 40 juta dan 97,3 juta meter kubik.

Baca Juga : Terkait “People Power” Jokowi Minta Jangan Takuti Rakyat

Sepanjang tahun 2015-2019 ini, pemerintah menargetkan pembangunan 65 bendungan yang terdiri dari 49 bendungan baru dan 16 bendungan lanjutan.

Rizki_Redaksi

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement