Connect with us

ERA Pariwisata

Pertama Di NTB, RBK Jaringan Irigasi Terlengkap Dengan Fasilitas Pariwisata

Published

on

Eranusantara.com – Bendungan Rababaka Kompleks jaringan irigasi terlengkap. (Img/Red).

ERANUSANTARA.com, NTB – Kepala Balai Wilayah Sungai-Nusa Tenggara I (BWS-NT I), Ir. Asdin Julaidin, MT mengungkapkan perihal Bendungan Rababaka Kompleks (RBK) yang merupakan jaringan irigasi terlengkap pertama di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam acara peledakan perdana terowongan 2 Saluran Interbasin RBK beberapa waktu lalu.

Asdin menerangkan karena di sekitar Bendungan Mila dan Bendungan Tanju yang merupakan bagian dari RBK bakal dilengkapi dengan fasilitas pariwisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Baca Juga : Ciptakan Lingkungan Bersih, Warga Siapkan Hari Khusus Untuk “GORO”

Selaras dengan itu, Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin menjelaskan bahwa di sekitar Bendungan Mila dan Tanju akan dibangun taman-taman yang indah dan fasilitas wisata lainnya yang menyejukkan hati.

“Bendungan Mila yang terletak di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu memiliki potensi yang sangat besar untuk memenuhi kebutuhan irigasi bagi masyarakat di Kecamatan Woja maupun Kecamatan Dompu. Sedangkan Bendungan Tanju yang terletak di Kecamatan Manggelewa untuk memenuhi kebutihan irigasi di Manggelewa dan sekitarnya,” Tegasnya.

Baca Juga : Bangun Sekolah Percontohan, Pemerintah Siapkan Anggaran 4.9 M

Dikutip dari Infonawacita.com, Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Imam Santoso menyebutkan bahwa Bendungan Tanju memiliki daya tampung 18,27 juta m³ sementara Bendungan Mila daya tampung sebesar 6,57 juta m³. Kedua bendungan tersebut akan berfungsi menyuplai kebutuhan air irigasi seluas 3.939 hektare, suplai air baku sebesar 0,05 m³/detik dan pembangkit listrik sebesar 0,5 MW.


(Source : koranlensapos.com/Tim Red_NTB)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adventorial

Advertisement
Advertisement

EraChannel18

Advertisement
Advertisement

ERAINVESTIGASI