Connect with us

ERA ARENA

PERGELARAN ASIAN GAMES, PEMPROV DKI KAJI LIBUR SEKOLAH

Published

on

ERANUSANTARA, JAKARTA – Kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait perhelatan Asian Games 2018 yang dimulai 18 Agustus mendatang. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan tengah mengkaji terkait libur sekolah yang dinilai akan memberikan efek untuk kelancaran dalam pergelaran pelaksanaan Asian Games.

“Nanti kita lihat, sebab hari ini lagi dikaji namun sekepakatan kemarin dan pekan lalu saya bertemu dengan Dirlantas Polda Metro Jaya menarik kesimpulan untuk melakukan pemeriksaan pada saat anak-anak sudah sekolah. Dan, hari ini diperiksa lagi,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (20/7).

Anies mengungkapkan, libur sekolah dikaji lagi karena dua alasan. Pertama, untuk kelancaran lalu lintas dan, kedua, untuk menurunkan polusi udara selama Asian Games. “Jadi, nanti kita lihat apakah ada efeknya anak sekolah pada jumlah kendaraan dan polusi udara,” ujarnya menjelaskan.

Anies pun menyebutkan, selain kemacetan yang sering terjadi di Jakarta, polusi udara juga menjadi hal yang sangat penting. Sebab, lanjutnya, polusi udara di Jakarta termasuk sangat tinggi.

Sementara itu, Plt Dinas Pendidikan DKI Bowo Irianto mengatakan, libur sekolah pada saat Asian Games masih akan terus dibahas. Tidak hanya dengan kepolisian, tetapi juga dengan pihak Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc). “Nanti akan dimatangkan melalui rapat terbatas dengan Inasgoc,” kata dia.

Bowo pun belum mengetahui kapan rapat dengan Inasgoc tersebut akan dilakukan. “Belum tahu (rapat diadakan bersama Inasgoc). Disdik akan diundang,” ujarnya.

Namun, rencana sekolah yang akan diliburkan nantinya sudah dipetakan oleh Dinas Pendidikan DKI. Sekolah-sekolah tersebut berada di rute perjalanan atlet Asian Games. “Saya tidak pegang datanya (sekolah mana saja yang sudah dipetakan). Pastinya lebih 100 sekolah meliputi SD, SMP, SMA, SMK,” katanya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kualitas udara di Jakarta memang dalam kondisi yang tidak baik. Untuk menurunkan polusi udara, salah satu caranya yaitu dengan memperluas sistem genap-ganjil. “Selain untuk mengatasi kemacetan menghadapi Asian Games (perluasan ganjil genap), juga menurunkan emisi gas. Sehingga, kualitas udaranya lebih baik,” ujar dia.

Sandiaga pun mengimbau agar masyarakat menggunakan transportasi umum saat Asian Games, bahkan lebih baik sepekan sebelum Asian Games. Dengan begitu, polusi udara dapat berkurang dan kualitas udara menjadi lebih baik. “Jadi, kami ingin ajak, mari gunakan Asian Games ini sebagai pemicu kita menjaga kualitas udara Kota Jakarta,” kata dia.

TIM REDAKSI

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adventorial

Advertisement
Advertisement

EraChannel18

Advertisement
Advertisement

ERAINVESTIGASI